Emang Udah Bisa Bikin Indonesia Bangga??? 

Entah kenapa agak jengah baca chat di salah satu group whatsapp internasional. Jadi, ceritanya group ini merupakan group untuk belajar bahasa Jerman. Disini kita suka ngomongin apa aja tapi diharuskan untuk menggunakan bahasa Jerman karena itu aturannya. Dalam group ini ada 3 orang yang berasal dari Indonesia yakni, 1 cowok dan 2 cewek termasuk saya. Si cowok ini hobinya sok asik, sok gaul, sok ngerti padahal gak sama sekali. Tapi di balik semua sifat nyebelin dia itu, hari ini saya merasa paling tidak suka dengan kata-kata yang dia lontarkan. 

“Vor allem ist es hier wie ein Müll” yang kalau diartikan kira-kira, “dibandingkan semua hal yang kalian sebutkan diatas disini (Indonesia) sama seperti sampah”. Bayangin coba kalau cuma bicarain soal jam kerja dan sekolah aja dia dengan mudahnya menghina negeri ini gimana soal yang lain. Padahal group itu isinya rata-rata orang asing yang menghargai negara mereka sendiri sedangkan yang orang Indonesia malah dengan mudah menghina bangsanya didepan orang asing hanya karena masalah sepele. 

Rasanya mau aku bilangin kalau gak suka sama negara ini mending keluar aja dari negara ini. Jangan ngaku jadi orang Indonesia apalagi cari uang dari bumi Indonesia. Orang asing aja yang berharap jadi WNI seabrek nah dia dapat kewarganegaraan dari sebelum dia lahir malah bisanya cuma menghina. Andai aja aku jadi orang yang berpengaruh mungkin udah aku usir tuh orang. 

Buat kalian yang masih WNI dan hobinya menghina negeri ini, mending kalian berkaca dulu. Apa sih yang udah kalian kasih buat bangsa ini sampai kalian berasa diri kalian berhak untuk hal yang sangat wow dari negara ini? Kalau udah bisa bikin nama Indonesia diakui dunia karena kebaikannya, baru kalian boleh sedikit berbangga diri. Kalau belum, mending berkaca dulu. Gak punya kaca? Tenang, negaraku punya banyak kaca yang besar! 

-Fatsav